Ketahuilah Pantangan Makanan Saat Ambeien

 Ketahuilah Pantangan Makanan Saat Ambeien



Ketahuilah Pantangan Makanan Saat Ambeien - Wasir atau ambeien merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Penyakit ini membuat para penderitanya mengalami rasa sakit yang luar biasa di dalam rektum, hingga susah buang air besar. Para penderita ambeien sangat disarankan untuk menjaga pola makannya, ini karena ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi justru bisa memperparah kondisi ambeien.

Ketahuilah Pantangan Makanan Saat Ambeien

Berikut ini beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita ambeien, diantaranya :

1. Makanan Pedas

Pertama ada makanan pedas yang menjadi makanan favorit sebagian orang, namun perlu dihindari saat Anda menderita ambeien. Kurangi konsumsi capai atau rempah-rempah yang bisa merangsang panas, terlalu sering makan pedas juga dapat berefek buruk untuk sistem pencernaan. Karena bisa menyebabkan perut mulas, diare dan bahkan memperparah gejala refluks asam lambung / GERD.

2. Daging

Berikutnya ada daging, terutama daging merah. Seperti : Daging sapi, daging domba, daging kambing hingga daging kuda. Ini karena semua daging merah lebih sulit dicerna, dan jika Anda menemukan bercak darah pada tinja dan terus-menerus merasa sembelit. Cobalah untuk konsumsi makanan tinggi serat.

3. Makanan Olahan dan Gorengan

Jenis makanan satu ini sangat digemari karena praktis, bagi para penderita ambeien sebaiknya hindari konsumsi daging, hati, ayam, ikan, telur atau makanan lain yang digoreng dengan minyak atau mentega. Ini karena makanan siap saji serta makanan yang digoreng dapat memperburuk kondisi wasir.

Makanan berlemak juga akan membuat pencernaan bekerja lebih keras serta bisa meningkatkan risiko sakit perut dan memperparah ambeien.

4. Makanan Asin atau Tinggi Garam

Pantangan makanan penderita wasir berikutnya adalah makanan asin, ini karena asupan garam yang tinggi dapat mengakibatkan tubuh memerlukan banyak air yang bisa memberi tekanan lebih besar pada pembuluh darah kamu. Hal ini termasuk pembuluh darah di bagian bawah yang menyebabkan wasir. Jadi sebaiknya hindari makanan yang tinggi garam seperti : Mi instan, seafood kalengan, dan makanan yang menggunakan bumbu instan lainnya.

5. Makanan Rendah Serat

Makanan seperti : kentang, roti putih, hingga daging mempunyai kandungan serat yang rendah. Dimana makanan jenis ini bisa membuat sifat tinja menjadi lebih keras dan sulit dikeluarkan, hal ini akan membuat Anda merasa nyeri saat buang air besar.

Ini karena saat Anda berusaha mengeluarkan feses bisa bergesekan dengan pembuluh darah yang membengkak, selain menimbulkan perih benjolan wasir juga bisa pecah.

6. Keju

Konsumsi keju secara berlebihan bisa memperburuk wasir yang kamu alami, untuk itu batasi konsumsi keju menjadi seminggu sekali. Sebaiknya perbanyak konsumsi sayur-sayuran tinggi serat, untuk membantu proses pencernaan mu.

7. Kafein

Kafein diketahui bisa mengakibatkan iritasi lambung serta dehidrasi, yang mana ini bisa memperburuk wasir atau ambeien yang Anda alami. Lebih baik pilih teh hijau yang bisa membantu melancarkan buang air besar.

8. Alkohol

Terakhir ada alkohol, ini karena karena alkohol bisa menyebabkan dehidrasi yang pada akhirnya bisa memperburuk konstipasi serta gejala wasir lainnya. Alkohol sendiri mengandung kafein yang bisa mendorong Anda untuk terus buang air kecil. Semakin sering buang air kecil, kadar cairan dalam tubuh akan berkurang.

Padahal cairan ini sangat diperlukan tubuh untuk menjaga tekstur feses agar tetap lunak sehingga mudah dikeluarkan.

Itulah informasi mengenai Ketahuilah Pantangan Makanan Saat Ambeien, semoga bermanfaat.

Posted by : Cara Mengobati Ambeien Pada Anak Secara Alami

Sumber : halodoc.com dan hellosehat.com

Ketahuilah Pantangan Makanan Saat Ambeien

Komentar